Monday, February 7, 2011

Tinggal Dekat Pom Bensin Bahayakan Kesehatan?

(foto: dapurpacu)
LONDON - Jika tempat tinggal anda cukup dekat dengan area pom bensin, berhati-hatilah. Hasil studi terbaru menyatakan tinggal di dekat pom bensin menyimpan risiko untuk kesehatan.

Peneliti dari University of Murcia menemukan bahwa udara di sekitar wilayah pom bensin kerap terkontaminasi dan bisa membahayakan warga sekitar. Menurut mereka antara pom bensin dengan perumahan warga setidaknya berjarak 50 hingga 100 meter. Demikian dilansir Telegraph, Selasa (8/2/2011).

Marta Doval, salah satu ilmuwan yang ikut membantu penelitian itu menjelaskan, "Sejumlah komponen organik yang dilepaskan ke udara seperti benzene, bisa meningkatkan risiko kanker, dengan tingkat rata-rata terdeteksi di area pom bensin."

Studi itu menunjukkan bahwa udara di pom bensin dan sekitarnya dipengaruhi oleh emisi dari bahan bakar kendaraan, atau bahan bakar yang tidak terbakar dari proses pengisian dan pemuatan bensin, serta cairan yang tumpah.

Tim peneliti mengukur tingkat rata-rata polusi lalu lintas di beberapa wilayah urban di Murcia dan mengkalkulasi kompon benzene serta hidrokarbon (n-hexane) pada tiga pom bensin untuk menemukan jarak aman, dimana tidak ada lagi kontaminasi udara. (srn)

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blogroll

Search Engine Submission - AddMe free web site traffic and promotion TOP.ORG - Topsites Entertainment Blogs
Entertainment blog Arts Blogs - Blog Rankings Arts
London England My Zimbio
KudoSurf Me! Blog Directory Toplist Free Link Exchange KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia The Republic of Indonesian Blogger | Garuda di Dadaku